Dakwah Islamiah

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Islam Riau

Dakwah

Pendidikan dan dakwah merupakan dua aspek yang saling berkaitan satu sama lain. Pendidikan yang semakin meningkat mendorong dakwah Islam untuk semakin berkembang pula. Kegiatan berdakwah seperti mengajak dan menyeru manusia kepada yang ma'ruf dan menjauhi yang munkar merupakan hal yang penting dalam Islam, karenanya perlu pengembangan untuk kemajuan dakwah Islam di suatu Institusi Pendidikan.

Hal tersebut juga selaras dengan firman Allah SWT yaitu : “Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah.” (Q.S. Ali Imran [3]: 110).

Dakwah bertujuan mewujudkan kebahagiaan dan kesejahteraan hidup di dunia dan di akhirat yang diridai oleh Allah. Artinya, dakwah harus menyampaikan nilai-nilai yang dapat mendatangkan kebahagiaan dan kesejahteraan yang diridai Allah sesuai dengan bidangnya masing-masing.

“Menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Berkelas Dunia Berbasis Iman dan Taqwa” dengan salah satu misinya adalah menerapkan kandungan Al-Qur'an dan As-sunnah

Komitmen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Riau terhadap terjalannya Dakwah Islamiyah telah ditunjukan didalam VISI FEB UIR yaitu “Menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Berkelas Dunia Berbasis Iman dan Taqwa” dengan salah satu misinya adalah menerapkan kandungan Al-Qur'an dan As-sunnah

Salah satu lembaga yang bergerak pada bidang dakwah dikampus Direktorat Dakwah Islam Kampus (DDIK) Universitas Islam Riau. DDIK adalah sebuah Lembaga setingkat universitas yang diberikan amanah untuk melaksanakan dharma ini. Sesuai dengan Visi Misi Universitas Islam Riau 2041 “Menjadi Universitas Islam berkelas Dunia Berbasis Iman dan Takwa”.

Wujud implementasi dari dharma yang keempat dan visi berbasis Iman dan Takwa yaitu dengan menerapkan Kandungan Al-Quran dan As-Sunnah, menyelenggarakan Pendidikan berwawasan Global yang Berbasis Iman dan Takwa, Menyelenggarakan Dakwah Islamiyah Berlandaskan Bil Lisan, Bil Qalam, Bil Hal dan Bil Hikmah, dan menyelenggarakan Islamic Good University Governance.

Melalui profil DDIK UlR ini diharapkan seluruh sivitas akademika dan masyarakat luar kampus dapat mengenal lebih dekat DDIK UlR visi, misi, program dan personil yang menakhodainya tergambar dalam

Universitas Islam Riau

"to be world class islamic university base on iman and takwa"