Ekonomi 04 Feb 2021

FGD PRODI MANAJEMEN DENGAN USER, ALUMNI dan STAKEHOLDER

 

Agenda :

  • Kata sambutan dari Ka Prodi Manajemen
  • Perwakilah Alumni
  • Tanggapan dan Masukan dari  User, Alumni dan Stakeholder

Tanggapan&Masukan :

Hikmah Rinaldi (OJK & Alumni)

  • Perlunya kemampuan skill terkait teknologi, Entrepreneurship
  • Matakuliah marketing, SDM, dan Keuangan yang berbasis teknologi

Andi Oki (User  & Alumni)

  • Perlunya lulusan berkemampuan Analisis, critical thinking.
  • Perlunya ada sertifikasi keterampilan mahasiswa
  • Perlunya kemampuan berbasis teknologi

Husaimi (User)

  • Perlunya membaca perluang kedepan terkait keterampilan lulusan, misalnya kemampuan berbasis Syariah. (konversi BRK ke BRK Syariah)
  • Mengeksplor kemapuan softskill dari mahasiswa seperti komunikasi dan Kerjasama.
  • Memberikan praktek kerja/ magang untuk memberikan gambaran dunia luar kepada mahasiswa

Alirman Makmur (User)

  • Perlunya magang mahasiswa pada perusahaan khususnya pemerintahan
  • Perlunya keterampilan keuangan daerah bagi mahasiswa

Laode Lukman (Mega Syariah)

  • Perlunya kemampuan manajerial (mengendalikan diri) terkait disiplin dan tanggung jawab
  • Perlunya kemampuan problem solving pada mahasiswa (berguna untuk menyelesaikan masalah pekerjaan)
  • Perlunya kemampuan kompentensi berbasis Syariah, kemampuan selling (marketing), serta Kemampuan menganalisis lingkungan dan penyelesaiananya

Sri Rukmini (Entrepreneur &Alumn)

  • Pemantapan kemampuan wirausaha dengan focus pada kemampuan pelayanan, komitmen, inovasi dan kemampuan beradaptasi.

T. KIspandiar (Birokrat)

  • Peningkatan kemampuan akademik dasar, TPA, Psikotes, dll
  • Perlunya magang pada perusahaan
  • Perlunya kesasdaran digital/ kemampuan digital teknologi pada mahasiswa. (proses rekrutmen yang sudah menilai calin TK melalui akun sosmed)
  • Perlunya pengingkatan kemampuan softskill mahasiswa

Zulkifli (Telkom)

  • Perlunya kemampuan analisis bisnis pada mahasiswa (Valua proposision, Canvas model, digital marketing) aspek terbaru dalam pemasaran
  • Perlunya Memahami digital marketing konsep
  • Perlunya pemahaman dan softskill terkait writer, content writer, dll. (tugas makalah mahasiswa sebagai solusi)
  • Perlunya kemampuan interpersonal skill dan technical skill (pengerjaan tugas pekerjaan melalaui platform google doc)

Cherles (Chevron)

  • Perlunya kemamapuan problem solving pada mahasiswa
  • Peningkatan literasi keilmuan bagi dosen
  • Praktek kerja, KKN, projek usaha mandiri atau projek bisnislainya
  • Interpersonal skill dan softskill. (solusi dengan tugas laporan dan makalah)
  • Kemampuan Bahasa asing
  • Technology work, pemahaman tentang jenis pekerjaan kedepan berbasis digital. (stratup, digital strategy marketing)
  • Perlunya keilmuan terkait MSDM asing (mengelola TK asing dalam organisasi)
  • Perlunya kemampuan sikap yang baik
  • Perlunya topik MK manajemen perubahan

Kurnia (OrgtuaMahasiswa)

  • Lama waktu study mahasiswa perlu diperhatikan agar lebih cepat
  • Perlunya pelatihan dosen agar mahasiswa juga terlaltih
  • Perlunya relasi atau rekanan untuk menampung lulusan

 

Kesimpulan :

1. Program penting yang harus dibahas untuk diterapkan antara lain :

  • Program magang/ praktek kerja atau KKN (pengenalan dunia kerja atau aplikatif ilmu)
  • Sertifikasi pendukung baik hardskill atau softskill (TPA test dan TOEFL test)
  • Update CPMK sesuai perkembangan saat ini
  • Wadah entrepreneurship

2. Topik atau MK yang perlu ada diajarkan kepada mahasiswa :

  • Manajemen (keuangan, MSDM, OP dan Marketing) Syariah
  • Digital dan teknologi
  • Softskill dan sikap, komunikasi. (dapat dalam CPL MK yg ada)
  • Bahasa asing (tidak hanya Bahasa Inggris)
  • Change managemen
  • Bisnis dan selling
  • Komunikasi bisnis
  • Aplikom berbasis (cloud)

 

[ Admin FEB ]