Ekonomi 29 Sept 2016

Prodi Manajemen FE UIR Taja Workshop Evaluasi Kurikulum

Universitas Islam Riau- Segenap civitas akademika Universitas Islam Riau (UIR) bekerja keras untuk mewujudkan tercapainya visi, misi, serta tujuan UIR dan arah yang dikehendaki oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mewujudkan SDM Indonesia yang mempunyai kompetensi yang dibutuhkan oleh pangsa pasar global.

Selaras dengan itu Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Riau taja kegiatan Workshop Peningkatan Mutu dengan tema “Evaluasi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Riau”. Workshop yang dilaksanakan pada Rabu (28/9), bertempat di ruang rapat Fakultas Ekonomi Universitas Islam Riau (UIR), Sedangkan penyampai materi pada workshop kali ini adalah Dr. Reza Ashari Nasution selaku Ketua penyusun Kurikulum Sekolah Tinggi Bisnis Manajemen ITB.

Ketua Panitia Acara, Azmansyah, SE., M.Econ yang juga sebagai ketua prodi Manajemen menyampaikan bahwa workshop ini dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan UIR memenuhi kualifikasi Standart Nasional Perguruan Tinggi berbasis kurikulum KKNI. Workshop ini juga merupakan upaya yang dilakukan pihak Fakultas untuk pencapaian Visi-Misi UIR yang juga selaras dengan Visi-Misi Fakultas Ekonomi UIR. “Fakultas Ekonomi menuju akreditasi A yang kini masih berakreditasi B sehingga ini merupakan salah satu upaya agar saat dilaklukan Reakreditasi Fakultas Ekonomi dapat mendapatkan hasil yang memuaskan”

Workshop yang dibuka secara langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi (FE),  Drs. Abrar, M.Si., Ak, diikuti oleh seluruh Wakil Dekan, Ketua Prodi, Dosen, Unit Penjamin Mutu Fakultas, Alumni dan Orangtua, Pengguna. Dekan FE berpesan kepada seluruh Peserta untuk serius dalam mengikuti workshop kali ini “Saya mengharapkan kepada seluruh peserta untuk serius dalam kegiatan ini, karena workshop kali ini lebih dimakasimalkan dari workshop sebelumnya yang hanya berlangsung setengah hari dan kali ini lebih bersifat Teknis sehingga diharapkan mampu memberi gambaran pada kita dalam merumuskan strategi kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)” tuturnya.

Pada Kesempatannya Rektor yang diwakili oleh Wakil Rektor I Dr. Nurman, S.Sos., M.Si memberikan gambaran terkait kurikulum berbasis  KKNI. Pada Kurikulum berbasis KKNI yang menjadi Capaian Pembelajaran adalah kemampuan melalui internalisasi pengetahuan, sikap, keterampilan, kompetensi dan pengalaman kerja. “ Kurikulum berbasis KKNI ini  menuntut para mahasiswa untuk memiliki Surat Keterampilan Pendamping Ijazah (SKPI) sehingga Universitas membuka kesempatan selebar-lebarnya bagi para mahasiswa untuk melakukan kerja praktek di luar maupun didalam lingkungan UIR.

Dilain kesempatan rektor juga mengungkapkan bahwa kegiatan Workshop ini sangat penting bagi jajaran pimpinan prodi, fakultas dan jajaran pimpinan lainnya di lingkungan UIR untuk menyikapi banyaknya perubahan-perubahan dan tantangan yang dihadapi perguruan tinggi dalam meningkatkan mutu pendidikannya.

“Visi Kita adalah menjadi Universitas Islam yang Unggul dan Terkemuka di Asia Tenggara. Untuk mencapai visi ini Akreditasi institusi kita harus A, sementara saat ini kita baru B. Begitu juga dengan akrediditasi Prodi (program studi), baru tiga prodi yang ter akreditasi A, yaitu S1 Ilmu Hukum, S2 Ilmu Hukum dan S1 Agroteknologi. Nah, ini menjadi tantangan kita bagaimana prodi yang belum terakreditasi A ini berlomba-lomba untuk mendapat nilai akreditasi A untuk sama-sama mencapai Visi-Misi UIR 2020 kata Rektor.

[ Adm-UIR ]