Ekonomi 28 Okt 2015

Mapala Satwa Sahara Fekon UIR Adakan Diklat

Pekanbaru - Selasa (27/10) merupakan agenda diklat dan pelatihan dasar Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) SATWA SAHARA Fakultas Ekonomi ( Fekon). Pukul 09.00 hingga 09.30 di awali dengan pelaksanaan upacara anggota baru serta panitia MAPALA di taman Fikon.
Setelah sebelumnya dilakukan survei lapangan, diklat yang diikuti 16 anggota baru dan 30 panitia ini di laksanakan di Desa Tanjung Belit, Kecamatan Lipat Kain, Kampar Kiri. Pelatihan akan dilaksanakan selama enam hari. Rangkaian kegiatan yang akan diklaksanakan meliputi simulasi dan praktek kegiatan yang telah di berikan dalam materi pelatihan sebelumnya.
Perekrutan anggota baru  MAPALA dilakukan setiap satu tahun sekali. Sebelumnya telah di buka stand pendaftaran MAPALA pada bulan September hingga awal Oktober. Dari situ di peroleh 60 mahasiswa yang mendaftar. Setelah dilakukan perekrutan, yang ikut pelatihan lanjut ada 16 orang. Diantaranya 12 perempuan dan 3 laki-laki. Ke 16 anggota baru sudah melewati tahap-tahap interview, materi diklat ruangan (selama 2 minggu), tes fisik dan mental serta Orientasi Medan (Ormed).
Rio Harminto, selaku instruktur SAR menjelaskan  ada berbagai kegiatan yang akan di lakukan di lokasi diklat seperti gunung hutan (navigasi), panjat tebing dan survival. Poin utama dalam pelatihan ini adalah untuk membentuk pribadi yang berkualitas, mempererat rasa kekeluargaan, dan tanggung jawab serta cinta terhadap alam.
Selain sering mengadakan event-event termasuk event sosial seperti donor darah, penggalangan dana dan relawan bencana alam, organisasi MAPALA Fekon juga sudah beberapa kali meriah prestasi. “beberapa waktu lalu saya mendapat juara dalam lomba panjat tebing se-provinsi,” ucap Rio.
Menurut Fegia Mawinda salah satu anggota baru MAPALA, banyak pengalaman dan pelajaran yang di dapat dari mengikuti organisasi MAPALA, termasuk relasi juga bertambah. Mental dan fisik pun dilatih disini. “Kami sudah melakukan berbagai persiapan sebelum keberangkatan seperti perlengkapan dan tentunya surat izin kegiatan,” tambahnya. (Laras Olivia)

[ Adm-UIR ]