Ekonomi 05 Sept 2015

TATA TERTIB PERKULIAHAN

A.    Tata Tertib Perkuliahan

1.    Perkuliahan dapat dilakukan dengan berbagai bentuk kegiatan yang dipimpin langsung oleh Dosen sesuai dengan materi dan tujuan pengajaran

2.    Kegiatan perkuliahan sebagaimana yang dimaksudkan di atas dapat berupa ceramah, diskusi, seminar, responsi, studi kasus, studi lapangan, pratikum atau kegiatan terstruktur lainnya disamping kegiatan mandiri menurut pertimbangan Dosen dan bobot  dari mata kuliah yang bersangkutan.

3.    Waktu pelaksanaan perkuliahaan berpedoman kepada kalender akademis dan jadwal kuliah yang telah di tetapkan Fakultas

4.    Sebelum melakukan kegiatan perkuliahaan, Dosen diharuskan menyusun dan mempersiapkan program perkuliahaan menurut model yang ditetapkan Fakultas

5.    Pada waktu perkuliahaan pertama kali (tatap muka pertama) setiap Dosen harus memberikan penjelasan kepada mahasiswa hal-hal sebagai berikut:
a.    Silabus mata kuliah dilengkapi dengan bahan bacaan wajib (rujukan utama) dan bahan bacaan yang dianjurkan
b.    Bentuk dan jenis beban tugas mahasiswa
c.    Sistem dan bobot penilaian
d.    Tata tertib perkuliahaan, pakaian dan sanksi

6.    Penunjukkan Asisten hanya dapat dilakukan dengan persetujuan Pimpinan Fakultas dan ditetapkan dengan SK Rektor

7.    Apabila Dosen berhalangan hadir pada jadwal yang telah ditetapkan, maka ia wajib menggantinya pada hari lain.

8.    Bagi Dosen yang berhalangan hadir harus memberitahukannya kepada Pimpinan Fakultas/Jurusan dan kepada mahasiswa

9.    Dalam perkuliahaan Dosen harus menyisihkan waktu untuk melakukan tanya jawab atau diskusi dengan mahasiswa berkaitan dengan materi perkuliahaan yang diajarkan.

10.    Selama proses perkuliahan berlangsung semua pihak harus memelihara ketertiban, ketenangan dan kenyamanan serta kesopanan.

11.    Mahasiswa harus sudah masuk kelas minimal 10 menit sebelum perkuliahaan dimulai dan menunggu kehadiran Dosen selama 20 menit dari jadwal yang telah ditetapkan.

12.    Apabila waktu menunggu telah melebihi 20 menit terhitung sejak jadwal perkuliahaan dimulai, sedangkan Dosen yang bersangkutan belum juga hadir, maka mahasiswa dapat meninggalkan ruangan kuliah/pulang dengan melaporkan kepada Pimpinan Fakultas/ Jurusan atau Kasubag Akademis di Tata Usaha.

13.    Dosen yang masuk 3 kali perkuliahaan berturut-turut, Pimpinan Fakultas berhak menegur dan memberikan peringatan kepada Dosen yang bersangkutan. Jika setelah ditegur masih tetap belum melaksanakan perkuliahaan maka Pimpinan Fakultas diharuskan mengganti Dosen tersebut dengan Dosen yang lain.

14.    Mahasiswa yang tidak hadir 3 (tiga) kali berturut-turut di awal perkuliahaan tidak diperkenankan lagi mengikuti atau mengambil mata kuliah yang bersangkutan pada semester tersebut.

15.    Batas minimal kehadiran mahasiswa di kelas (tatap muka dengan Dosen) yaitu sebanyak 75 % untuk setiap mata kuliah. Apabila kurang dari jumlah tersebut maka mahasiswa yang bersangkutan tidak diperkenankan mengikuti Ujian Semester untuk mata kuliah tersebut.

16.    Selama berada di lingkungan kampus dilarang merokok kecuali di temapt-tempat tertentu yang telah ditetapkan oleh Universitas Islam Riau

17.    Bagi yang melanggar tata tertib perkuliahaan ini, baik Dosen maupun mahasiswa dapat dikenakan sanksi sebagaimana berlaku di Universitas Islam Riau

[ ]